Senin, 31 Desember 2018

Bahaya TBC Kelenjar Penyakit Yang Dialami Fitri Tropica

Bahaya TBC Kelenjar Penyakit Yang Dialami Fitri Tropica,- Selain aldi taher yang mengidap penyakit kelenjar getah bening di leher, kondisi ini serupa dialami oleh artis yang dikenal dengan sapaan fitrop.

Bahaya TBC Kelenjar Penyakit Yang Dialami Fitri Tropica

Bahaya TBC Kelenjar Penyakit Yang Dialami Fitri Tropica

Fitrop yang terlihat di layar kaca sebagai seorang periang ternyata menyimpan kondisi asli kesehatannya yang tengah terganggu. Ia mengidap tbc kelenjar getah bening sejak tahun 2016 dan menjalani pengobatan hingga 1 tahunan. Namun dengan keadaan yang sedang dialaminya, tidak membuat fitrop harus berhenti bersemangat dan dibuat sedih

Namun "Pertengahan bulan November, si benjolan ini muncul lagi nih. Akhirnya kita coba tukar posisi tempat tidur lagi. Tapi nggak ada perubahan, biasanya jadi gampang banget capek," ujar Fitrop dalam channel Youtubenya 'fitrop' yang diunggah pada Minggu (7/1/2018).

Sehingga fitrop diharuskan mengkonsumsi obat-obatan setiap hari hingga satu tahun. Begini ungkap fitrop "Tadinya kan aku disuruh minum obatnya 6 bulan saja. Terus begitu aku kontrol setelah 6 bulan itu aku kontrol harus lanjut atau enggak. Begitu tahu harus lanjut jadi malas uploadnya (video). Lanjut 9 bulan, setelah selesai 9 bulan itu berarti bulan September kemarin, sudah habis obatnya terus kontrol lagi... Dan ternyata hasilnya adalah masih harus nerusin lagi sampai setahun," ceritanya.

"Obatnya tuh ada kayak seraup tangan gitu, ada sekitar 8 atau 10 obat dibagi jadi dua, satu diminum pagi satu diminum siang. Buat aku pun yang nggak terlalu susah minum obat dan kayak gampang gitu tinggal glek minum kelar, itu pun tetap buat aku ada pressure-nya juga tiap hari," tutur istri dari Irvan Hanafi atau Toge.

Mengkonsumsi obat-obatan secara rutin selama berbulan-bulan cukup memberi tekanan pada diri fitrop, meskipun dia bukan orang susah untuk menelan obat. Namun akhirnya, perjuangan Fitrop untuk mengonsumsi obat setiap hari, pagi dan malam pun akhirnya terbayar. Genap satu tahun lamanya melakukan pengobatan, Fitrop dinyatakan bebas dari TB kelenjar. "Akhirnya ternyata hasil TB-nya negatif, jadi kemarin itu resmi aku minum obat terakhir pengobatan TB aku selama setahun," katanya dengan haru.

TBC kelenjar getah bening bukanlah penyakit menular seperti jenis TBC yang menyerang paru.  TBC adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri mycobacterium tuberculosis yang menyerang kelenjar getah bening. Kelenjar getah bening itu sendiri adalah sebuah kelenjar yang memproduksi limfosit–salah satu sel darah putih, dimana berperan dalam sistem imun tubuh. Kelenjar ini tersebar banyak dalam tubuh, di antaranya leher, ketiak, lipat paha, selangkangan dan disekitar organ-organ dalam. Namun dalam kasus tb kelenjar, lebih banyak terjadi di bagian leher.

Benjolan di leher akibat TB kelenjar, penderita tidak merasakan nyeri di lehernya, melainkan terjadi penurunan berat badan tanpa sebab yang jelas, tubuh terasa tidak nyaman, demam, dan berkeringat di malam hari.

Pengobatan untuk penderita TBC kelenjar maupun paru biasanya berupa obat antituberkulosis (OAT) yang harus dikonsumsi selama 6 atau 9 bulan. Jika dalam waktu tersebut, tidak ada perubahan atau benjolan semakin bengkak hingga pecah jalan dengan operasi mungkin diperlukan. Ketika benjolan  TB pecah, luka akan terbuka dan membentuk ulkus.

Itulah sedikit informasi mengenai bagaiaman Bahaya TBC Kelenjar Penyakit Yang Dialami Fitri Tropica artis presenter, komedian di indonesia.

Bahaya TBC Kelenjar Penyakit Yang Dialami Fitri Tropica

Tidak ada komentar:

Posting Komentar